Membuat Kolam Ikan Mas di Belakang area Rumah: Ini Tipsnya!

Pertama, kolam ikan dapat menjadi sarana rekreasi ketika anda sedang membutuhkan penyegaran. Dengan mendengarkan gemercik suara air kolam yang dapat mendinginkan pikiran dan ikan yang berwarna-warni berlarian di dalam kolam, dipastikan saat melihatnya benak anda akan segar kembali.

Membuat Kolam Ikan Mas di Belakang area Rumah: Ini Tipsnya!

Tapi mungkin kebanyakan dari anda akan kebingungan mencari cara bagaimana membuat kolam ikan, sebab harus diakui bahwa memang tidak gampang dan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Tenang, di bawah ini ada beberapa panduan tentang teknik untuk membuat kolam ikan dengan mudah di halaman belakang rumah, dan sudah dapat dipastikan hal ini memang memakan tidak sedikit biaya. Mari kita ikuti langkah-langkahnya:

1. Memilih bentuk.

Banyak sekali contoh bentuk kolam yang dapat anda tiru untuk membuat kolam ikan. Bentuk kolam yang paling gampang dan sederhana yang dapat anda buat ialah persegi. Selain itu garis dan sudut persegi pun mempertegas kesan minimalis dari kolam tersebut. Agar kolam tidak terihat monoton, anda bisa menambahkan batu alam sebagai penghias sehingga memiliki kesan natural.

2. Menentukan ukuran.

Sebelum menentukan ukuran kolam ikan yang anda inginkan, anda wajib untuk menyesuaikan dengan luas rumah terlebih dahulu. Jangan sampai ukuran kolam menghabiskan banyak lahan sampai-sampai pekarangan menjadi sempit dan menjadikan ruang gerak anda terbatas. Kuncinya ada pada tata letak kolam ikan jangan asal-asalan dan harus diperhitungkan dan diperkirakan sebelum menyimpulkan untuk membuatnya.

3. Menyiapkan alat dan bahan.

Bahan dasarnya pasti anda akan memakai semen dan pasir. Jika anda hendak menggabungkannya dengan bahan yang lain, untuk tahap penyelesaiannya dapat anda tambahkan dengan material hiasan seperti batu alam atau batu buatan. Harus di ingat, usahakan anda untuk tidak memilih material yang sulit dibersihkan.

4. Lakukan perawatan.

Setelah kolam jadi, bukan berarti tugas anda selesai. Tentu saja anda harus rajin untuk membersihkannya supaya kolam terhindar dari lumut dan air yang keruh. Oleh karena itu anda memerlukan filter eksklusif untuk kolam supaya kebersihan kolam dapat terjaga dalam waktu yang agak lama.

Perhatikan ukuran filter supaya cocok dengan ukuran kolam, tidak boleh sampai kolam anda yang lumayan besar tetapi filternya kecil. Untuk masalah lumut, hal sangat sederhana yang dapat Anda lakukan ialah dengan menyikatnya.

5. Pengisian Air Kolam Ikan

Setelah tahap-tahap persiapan kolam diatas selesai, maka yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mengisi kolam dengan air. Untuk tahap pertama, kolam dipenuhi air dengan elevasi sekitar 50 – 60 cm. Dengan kedalaman itu sinar matahari dapat masuk kedasar kolam sehingga pakan alami bisa tumbuh dengan baik.

Setelah dipenuhi air, embrio ikan belum dapat ditebar kedalam kolam. Kolam dibiarkan dulu selama 1 minggu atau lebih agar suhu dan pH air menjadi stabil. Jika air telah berubah warna jadi kehijauan, maka embrio ikan mas dapat ditebar. Selanjutnya volume air diperbanyak secara bertahap, sesuai dengan perkembangan ikan mas.

6. Pengelolaan Air Kolam Ikan Mas

Air adalah habitat utama untuk ikan, oleh sebab itu kondisi air wajib untuk selalu diperhatikan supaya ikan tetap sehat dan bisa tumbuh serta berkembang dengan normal. Perhatikan selalu kebersihan air kolam, apabila air tampak kotor atau berbau segera ganti dengan air yang bersih.

Pemberian pakan hendaknya sesuai dengan keperluan dan tidak berlebihan, karena sisa-sisa pakan yang tidak dimakan ikan dapat mengakibatkan air menjadi kotor. Hal ini pun dapat merangsang tumbuhnya bakteri penyebab penyakit pada ikan.

Cara mengganti air kolam yaitu dengan teknik membuang 50% air kolam yang kotor lalu disi kembali memakai air bersih. Jika situasi air masih kotor kerjakan sekali lagi atau beberapa kali hingga air menjadi bersih.

7. Tips tambahan.

Apabila kolam anda ukurannya kecil, maka jangan menaruh banyak ikan sebab akan memengaruhi tumbuh kembang ikan. Sebaiknya ukuran kolam jangan terlalu luas agar nantinya mudah untuk melakukan pengontrolan dan pemeliharaan ikan.

Iklan