Perbedaan Tinggal di Rumah dan Apartemen bagi Pasangan Muda

Untuk anda pasangan baru atau bahkan baru akan menikah dalam waktu dekat, anda berdua pasti akan di sibukkan oleh sekian banyak rencana rumah tangga. Bukan hanya perihal acara pernikahan saja, namun banyak hal lainnya yang akan ikut menyita perhatian anda dan pasangan. Bagaimana tidak, anda akan hidup bersama setelah pelaksanaan pernikahan, maka dapat dipastikan anda dan pasangan wajib mempunyai sejumlah persiapan yang matang, termasuk masalah hunian setelah pernikahan.

Perbedaan Tinggal di Rumah dan Apartemen bagi Pasangan Muda

Memilih dan menyiapkan rumah untuk tinggal biasanya menjadi kegiatan yang tidak mudah untuk pasangan baru, terutama untuk mereka yang sebelumnya memang belum mapan dan mempunyai rumah pribadi. Penting untuk anda untuk mendiskusikan ini dengan baik bersama pasangan, anda dan pasangan tentu saja memerlukan kenyaman dan juga banyak hal fundamental lainnya yang berhubungan dengan kenyamanan suatu tempat tinggal. kita baru akan mengawali rumah tangga anda, maka buatlah urusan tersebut menjadi menyenangkan untuk anda dan pasangan.

Rumah dan Apartemen

Ada 2 pilihan tempat tinggal yang dapat anda dan pasangan pertimbangkan, yakni rumah atau apartemen. Hal ini wajib didiskusikan dengan baik dari awal, agar anda dan pasangan dapat mendapatkan rumah yang tepat dan sangat cocok dengan keperluan anda dan pasangan. Jangan sampai anda dan pasangan bermukim di lokasi yang tidak tepat dan tidak dapat memenuhi semua keperluan dan kemauan anda.

1. Lokasi yang Paling Strategis
Membahas perihal rumah, maka lokasi ialah salah satu urusan yang sangat penting untuk dipertimbangkan dari semenjak awal. Ini yang paling penting, terutama andai anda dan pasangan memang sama-sama bekerja dan mempunyai sejumlah kegiatan yang padat. Jika anda dan pasangan bekerja di kawasan pusat kota, maka pilihan untuk membeli apartemen ialah yang terbaik, mengingat tempatnya memang pada lazimnya terletak di pusat atau wilayah perkotaan. anda akan susah untuk membeli rumah di bilangan kota, karena harganya sudah tentu sangat tinggi.

Namun andai ternyata anda dan pasangan bekerja di kawasan pinggiran kota, maka membeli rumah sudah tentu menjadi pilihan yang paling tepat. Di kawasan ini, kita masih dapat menemukan sejumlah perumahan yang memadai, bahkan anda bisa memilih di antara yang sangat tepat untuk keluarga kecil anda nanti.

2. Harga yang Sesuai
Harga pasti menjadi urusan selanjutnya yang sangat penting untuk dipertimbangkan oleh anda bersama pasangan. Apartemen dan rumah tentu akan mempunyai selisih harga yang lumayan jauh, tergantung pada lokasi dan luasnya. Akan tetapi jika anda melihat lagi rata-rata harganya, harga apartemen yang berlokasi di kawasan perkotaan pasti akan jauh lebih tinggi, jika dibandingkan dengan tinggal di kawasan pinggiran kota. Ini patut menjadi pertimbangan, terutama bila anda dan pasangan mempunyai sejumlah dana yang terbatas.

3. Tingkat Kenyamanan
Rumah pasti akan menjanjikan tingkat kenyamanan yang lebih baik, bila dibandingkan dengan apartemen. Dengan dana yang sama, anda tentu saja dapat mendapatkan sebuah rumah yang lebih banyak dan luas, dimana kita dan pasangan dapat merasa lebih nyaman untuk menghuninya. Bukan hanya itu saja, rumah juga dapat anda tata dan renovasi dengan lebih leluasa, karena selalu ada kemungkinan anda mempunyai pekarangan atau lahan kosong yang tersisa.

4. Kehidupan Pribadi dan Privasi
Jika anda dan pasangan mengharapkan kenyamanan dan privasi yang terjaga, maka apartemen ialah pilihan yang paling tepat. Anda dan pasangan akan mempunyai “ruang pribadi” yang lebih tertutup saat tinggal di apartemen.

5. Fasilitas dan Biaya Perawatannya
Apartemen mempunyai sejumlah kemudahan yang lumayan memadai, misalnya: sarana olahraga, kolam renang atau bahkan taman bermain untuk anak-anak. Sebagai penghuni, anda dan pasangan bisa mengakses semua kemudahan tersebut secara gratis.

Namun di lain sisi, apartemen mempunyai sejumlah ongkos perawatan yang lumayan tinggi, ini mempunyai sifat wajib dan akan ditagih secara rutin. Sedangkan andai anda tinggal di rumah, maka anda dapat mengolah banyak biaya lainnya, tidak perlu mengeluarkan sekian banyak biaya, anda pun dapat melakukan melakukan penghematan di sekian banyak bagian yang menggunakan biaya besar tapi dirasakan tidak efisien. Hal ini tidak dapat anda lakukan saat bermukim di apartemen, karena semua ongkos ini bakal dikelola secara langsung oleh pihak pengelola apartemen tersebut.

6. Faktor Keamanan
Jika dibandingkan dengan rumah, maka apartemen mempunyai risiko ketenteraman yang lumayan tinggi terhadap sekian banyak bencana, misalnya gempa bumi dan kebakaran. Sempitnya ruang yang ada pasti akan mempersulit ruang gerak semua penghuni, andai sewaktu-waktu terjadi bencana seperti di atas.

7. Dari Segi Legalitas
Ketika melakukan pembelian sebuah rumah, maka Anda akan mendapatkan sertifikat dalam format Surat Hak Milik (SHM) yang adalah sertifikat terkuat di mata hukum. Sedangkan saat anda melakukan pembelian apartemen, maka anda hanya akan akan mendapatkan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) yang mempunyai keterbatasan waktu, yaitu sampai 20 tahun saja.

Iklan